Minggu, 14 Oktober 2012

Struktur Social dan Pola Kepemimpinan Masyarakat Tradisional Minangkabau
A.     Struktur social masyarakat  tradisional Minangkabau
1.      Berdasarkan garis keturunan (Matrilineal)
a)      Suku
b)      Kampong
c)      Kaum
d)     Paruik
e)      Jurai
f)       Mande
2.      Berdasarkan tingkat keaslian
a)      Urang asa/ voluntir/panaruko/pionir/urang lantak nagari
b)      Urang datang/pendatang belakangan setelah daerah baru di buka oleh panaruko : orang pendatang ini terbagi 2 yaitu pendatang yang memaki modal sendiri dan para pendatang yang mengaku mamak pada orang asa (panaruko yang telah mempunyai harta puasaka)
3.      Berdasarkan hubungan mamak dengan kemenakan
a)      Kemenakan di bawah daguak
b)      Kemenakan di bawah dado
c)      Kemenakan di bawah paruik/pusek
d)     Kemenakan di bawah lutuik
B.     Pola kepemimpinan
Secara makro masyarakat Minangkabau mengenal Lareh
1.    Koto piliang : bersifat aristokrasi / top down/ dengan semboyan adat “titiak dari ateh”
2.    Bodi caniago: bersifat demokratis / bottom up/ dengan semboyan adat “mambasuak dari bumi”.
3.    Lareh nan panjang : yaitu kelarasan campuran di mana masyarakatnya tidak secara murni menjalankan salah satu di antara dua kelarasan yang ada.
C.     Struktur kepemimpinan  tradisional masyarakat Minangkabau
1.    Di tingkat Nagari (tungku tigo sajarangan)
a)      Ninik mamak
b)      Alim ulama : Imam, Khatib,  Bilal, Khadi
c)      Cadiak pandai
Landasan adatnya (tali tigo sapilin)
a)      Adat
b)      Undang-undang
c)      Syara’
2.    Tingkat suku
Ninik mamak atau disebut “orang ampek jiniah”
a)      Panghulu/ datuak : dalam urusan adat
b)      Manti : menjalankan adat & syara’
c)      Malin/ imam: dalam urusan agama, ibadah & akhlak masyarakat
d)     Dubalang : menjaga kesatuan dan keamanan nagari
D.    Keterangan
v Dalam pola kepemimpinan konklusi pengambilan keputusan “ bulek lah dapek digolongkan, picak lah dapek dilayangkan” .
v Dalam masyarakat Minangkabau memang menganut system eksogami suku namun juga endogamy nagari, hal ini terlihata jelas dalam semboyan hidup “ dari pado lapeh ka urang, rancak ka awak”  jika terjadi perkawinan yang berbeda asal nagari maka sebelum pernikahan pasangan tersebut akan membayar denda atau yang lebih di kenal sebagai “uang lompek paga” walaupun bayaran ini tidak mahal, namun secara konstruksi social telah ada sanksi social berupa denda apabila melakukan pernikahan dengan orang yang berasal  dari luar nagari asal.

                 Referensi:
                 Materi perkuliahan Masyarakat dan Kebudayaan Minangkabau membahas  “perkembangan Etnik Minangkabau”  bersama : Drs. Emizal Amri, M.Pd., M. Si & Drs. Gusraredi. Tgl 3/10/2012.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar